Friday, July 07, 2017

Menjadikan Libur Semester Libur Produktif


Bagi yang sudah menjadi mahasiswa memasuki semester ganjil ini adalah masa-masa libur panjang. Jika dihitung-hitung bisa sampai dengan tiga bulan lamanya. Pertamanya pasti merasa happy karena akhirnya setelah lama disibukkan dengan kuliah rentetan tugas kuliah yang tidak jarang tugas yang meminta lembur kalau saja tidak pandai mengatur waktu antara kuliah, organisasi, dan hangout. Melalui hari-hari minggu pertama libur kamu pasti sudah menyiapkan schedule untuk sekedar bersantai atau sedikit malas-malasan, tapi lambat laun kamu akan merasa bosan sendiri ingin kembali ke rutinitas dan bertemu dengan teman-teman.
Ada sedikit tips menghadapi libur semester ini agar menjadi libur produktif. Jangan sampai waktu luang yang panjang ini diewatkan begitu saja tanpa jejak. Menikmati libur panjang untuk bersantai memang wajar, tapi tidak seharusnya full time kamu habiskan dengan kegiatan yang kurang bermanfaat.   Banyak hal yang bisa membuat libur panjangmu menjadi lebih produktif. Setidaknya momentu libur semester ini dapat kamu jadikan sebagai peluang untuk melahirkan karya dan menuangkan ide kreativitasmu. Apalagi jika rumahmu di pedesaan semakin banyak hal yang bisa kamu ulik, imajinasikan, dan karyakan sehingga memiliki nilai. Lebih bagus lagu jika pada akhirnya karyamu memiliki nilai jual atau setidaknya menambah pundi-pundi prestasimu dengan mengikuti berbagai lomba.
Untuk mengetahui berbagai macam ajang lomba kamu bisa membuka google atau website, di sana kamu bisa mencari dan memilih sesuai dengan passion kamu, desain, menulis, menggambar, fotograpi, ataupun seni grafis. Selain menambah pengalaman, menambah uang saku, melatih skill, dan tak kalah penting menambah prestasi kamu. Tidak dipungkiri, ketika mengikuti berbagai beasiswa, melanjutkan pendidikan S2, sampai dunia kerja, di sana akan ada kolom prestasi untuk kamu isi.

Berbeda halnya jika kamu adalah aktivis organisasi, ketika yang lain masih sedang menikmati libur panjang kamu harus kembali ke perantauan atau ke kampus untuk menggarap beberapa program menyambut momentum mahasiswa baru. Persiapan untuk Demo, persiapan A, B, sampai Z kamu mulai disibukkan dengan rapat. Meskipun demikian, kamu masih bisa menjadikan waktumu semakin produkti, dengan memanfaatkan waktu di sela-sela persiapan kamu bisa mengagendakan untuk memperkaya karya yang akan menambah pundi-pundi prestasimu.

No comments:

Post a Comment

Ordinary

7 Cara untuk Ibu Hindari Stunting: Penderita Stunting Indonesia 35,6% Melebihi Batas Maksimal

Hati-hati pada stunting terutama pasangan muda! Beberapa hal yang sederhana namun sangat penting dan berpengaruh acapkali diabaik...