Wednesday, January 24, 2018

Tips Membuat Studi Plan Beasiswa LPDP


Salah satu persyaratan essai untuk Beasiswa LPDP adalah membuat Essai Studi Plan atau Essai Rencana Studi. Berikut ini tips untuk membuat essai rencana studi yang bisa dijadikan rujukan:

1.  Informasi Jurusan dan Universitas yang Dituju
Sahabat harus menuliskan informasi mengenai jurusan  dan universitas yang akan dituju sedetail mungkin sehingga lebih meyakinkan dan memperbesar peluang. Informasi tersebut diantaranya meliputi akreditasi baik jurusan (program studi) maupun akreditasi universitas, rangking atau peringkat universitas (bisa diakses melalui World Ranking University atau Times Higher Education), kualitas Guru Besar/Professor/Dosen yang mengajar, fasilitas pendukung, prestasi, Track record dan keunggulan lainnya.

2. Program Studi Asal atau Pekerjaan (Jika sudah bekerja)
Jelaskan darimana dan apa program studi S1 maupun S2 (bagi S3) begitu juga tuliskan apa rencana S2 yang akan diambil dan linieritasnya. Sedangkan bagi yang sudah bekerja tuliskan bagaimana pekerjaan yang telah dijalani dan tuliskan juga rencana untuk melanjutkan studi baik S2 maupun S3 semeyakinkan dan sedetail mungkin.

3. Rencana Penelitian Tesis atau Disertasi
Tuliskan topik apa yang akan kamu angkat mengenai penelitian tugas akhir nanti dan rencana penelitian yang akan kamu lakukan sedetail mungkin dan selogis mungkin.

4. Tuliskan Apa yang Akan Dilakukan Setelah Kuliah
Sahabat jangan lewatkan untuk menuliskan aktivitas apa yang akan dilakukan setelah aktif mengikuti perkuliahan nanti, misalnya mengikuti organisasi yang memiliki keterkaitan dengan program studi yang diambil/ passion sahabat, mengikuti kegiatan bersama komunitas dsb. yang memiliki kontribusi.

5. Future
Tuliskan apa yang akan sahabat lakukan setelah selesai kuliah nanti dan jelaskan bagaimana kontribusi sahabat, misalnya aktif dalam komunitas, membuat forum, mengimplentasikan gagasan atau apapun yang bernilai positif dan memiliki kontribusi serta dilakukan dengan berkesinambungan.

Tuliskan essai rencana studi sahabat sedetail mungkin, sertakan juga mata kuliah/ SKS yang akan diambil pada program magister nanti (sahabat dapat melihat atau mengecek di website universitas tujuan masing-masing). 


No comments:

Post a Comment

Ordinary

7 Cara untuk Ibu Hindari Stunting: Penderita Stunting Indonesia 35,6% Melebihi Batas Maksimal

Hati-hati pada stunting terutama pasangan muda! Beberapa hal yang sederhana namun sangat penting dan berpengaruh acapkali diabaik...